Jumat, 04 Januari 2013

Ujian kehidupan

            kemana pun kita pergi, tidak akan bisa terlepas dari ujian. bahkan sampai berlindung dibalik selimut sekalipun ujian akan datang bertamu, jadi jangan mimpi untuk menghindari ujian. bisa jadi ujian akan selalu datang, dan datang untuk membuat kita berpikir menyelesaikannya. 
            sejatinya kita hidup untuk menghadapi dan menyelesaikan hal - hal yang sedang menguji kualitas hidup kita.hanya ada dua hal : saat kita berhasil menyelesaikannya, maka kualitas hidup kita akan bertambah, namun adalah sebaliknya ketika kita gagal mengeksekusi dengan sempurna, maka bukan tambahan yang akan kita dapat, melainkan masalah baru yang berakar sama dari masalah yang sebelumnya. hal yang mungkin menguji kita bisa datang dari mana saja dan dalam wujud apapun. banyak orang yang kurang pandai menyikapi ujian, mereka cemas, terburu - buru bahkan nyaris frustasi dengan ujian. 
            kecakapan yang perlu dimiliki adalah kemampuan untuk melihat sekitar, dan kesabaran yang konstan dan yang tak kalah pentingnya adalah menggunakan potensi sekitar untuk menyelesaikan masalah. jika kita punya kecakapan diatas maka, tak ada lagi yang akan salah dalam menyikapi ujian. bahkan manusia dengan kecakapan dalam menyelesaikan ujian akan tersenyum ketika ujian itu datang. apa yang harus kita lakukan ketika gagal dalam menghadapai ujian?. hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah membuka pikiran seluas - luasnya, bertanya dan meminta pendapat kepada lingkungan. lingkungan sosial dan juga lingkungan geografi. karena hanya dengan membuka pikiran kita akan mendapatkan inspirasi, pencerahan, dan juga detail kecil yang membuat kita sadar bahwa >> Ujian ini tidak lebih sulit dari sebelum - sebelumya. 
           dengan melakukan hal yang ringan seperti itu, makan kita akan punya percaya diri yang cukup dalam menyelesaikan ujian yang sedang kita hadapi. Namun, saat ini kehidupan terlihat semakin kompleks saja, semua berakumulasi dan kebanyakan datang disaat yang bersamaan. sehingga kita butuh kesabaran yang ekstra, untuk hal semacam ini. ada patokan sikap ketika kita menghadapi apapun jenis ujian, variasinya dan tingkat kesusahan dan kompleksitas. jangan pernah terjebak dalam pikiran yang sempit, dan putus asa. jika kita tetap dalam patokan itu maka kita akan enjoy, tenang, dan bersikap pasti dalam menyikapi ujian - ujian kehidupan.
         Paling tidak, kita tidak akan terkejut dengan datangnya ujian. jadi sekarang mulailah ubah persepsi kita tentang ujian, ujian sekolah, ujian tengah semester, ujian akhir dan ujian - ujian lainnya. percaya atau tidak ujian akan selalu mengisi setiap kekosongan waktu yang dimiliki oleh manusia, sebagai pemeran kehidupan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar