Selasa, 08 Januari 2013

Pentingnya Catatan

Nyatet, penting ato gak penting

                     Bicara catatan, kita mungkin sering mengabaikan catatan kecil sebagai pengingat. sering kita alami, ketika ujian. kawan - kawan yang lain sedang sibuk dengan catatan yang mereka buat berkala, dari pertemuan demi pertemuan. kebayangkan! yang g' punya catetan, mereka mau sibuk ngapain, sementara yang lain sedang diskusi membahas soal, mereka yang g' punya mau bahas apa. jadi kelihatan rugi sendiri, dan nyesal, kenapa g' nyatet materi - materi yang kemaren. apalagi, dari temuan di lapangan. saya ketemu ama temen, yang udah IT banget, selama materi ternyata bikin note di laptop, so pas ujian! tinggal lihat notes aja, keren banget g' tuch!
                   amatan dilapangan juga menunjukkan, sebagian orang yang  mencatat, tampilannya lebih rapi, cerdas, dan juga edukatif. mereka sangat memperhatikan detail, disiplin dan juga cenderung menjadi tipe orang yang intelek. begitu banyak karakter khas yang kemudian hadir, hanya gara - gara notes, catatan - catatan kecil, dan hobi mencatat hal - hak yang penting. jadi ! kalo kita flashback, ternyata ada gunanya, dulu pas sekolah dasar dan menengah, guru nyuruh kita catat ini, catat itu kemudian diperiksa, dan itu memang ada efeknya sampai sekarang. akan menjadi penting sekali catatan - catatan yang dulu kita buat, kalo kita menghadapi ujian, tes, atau ulangan (bagian paling cetek,!). 
                  Bagaimana kemudian dengan orang yang g' pernah nyatet, malas nyatet. sekalipun mereka punya daya tangkap yang bagus, tapi seberapa lama hal itu akan bertahan. daya ingat tentang hal yang diajarkan oleh guru bakal digeser perlahan - perlahan oleh kejadian - kejadian terkini yang ia alami, pasca materi. karena tak selamanya kita bisa andalkan hal seperti ini.! kita butuh catatan ringan, yang akan mengingatkan kita saat lupa, blank, atau hal lainnya. kawan bisa rasakan, saat lupa! kemudian melihat catatan, maka otomatis lupa akan terjawab dengan sendiri. seandainya g' punya catatan, maka apa yang diperoleh, otomatis blank. . .
               kebiasaan mencatat juga membantu kita untuk lebih mengerti, dan lebih paham dengan apa yang kita tulis. namun apa yang terjadi saat ini! segala materi , segala hal tentang pembelajaran tinggal dicopy, tinggal kirim lewat mail. memang sangat membantu! tapi akan lebih membantu lagi kita membuat catatan kecil, yang menjadi pengingat. 
              So, sekarang kembali lagi ke personal kita, apa kita akan mulai untuk mencatat hal - hal penting, atau malah menumpulkan kebiasaan ini. tambahan lain adalah mereka yang suka catat ini, dan catat itu lebih rajin nulis, brart tulisannya lebih rapi. (khusus buat sekretaris nich! teknik jitu kalo mau jadi sekretaris yang handal. buat bos - bos, bisa dichek tulisan sekretarisnya. dan putusin sendiri! apakah mereka tipe yang handal atau malah modal tampang saja)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar