Jumat, 19 April 2013

Fungsi >> Jumat dan Sabtu

Entah ini benar atau tidak!!

               Setiap minggu ada manusia yang sangat buruk dengan manajemen agenda mereka. ada mereka yang selalu dikekang dengan kebiasaan yang tidak biasa dan sangat tidak produktif. entah ini benar atau tidak, ada orang yang tidak sempat menikmati jumat dan sabtu mereka dengan baik. ada yang terpaksa harus super sibuk gara - gara efek kuliah yang ekstra full, ada yang harus beristirahat total karena dari awal minggu hingga kamis, selalu begadang dan membuang waktu tidur mereka dengan percuma.
              Sejatinya jum'at menjadi waktu pra-istirahat pada siang harinya setelah sholat jumat *bagi yang muslim, kita bisa memisahkan diri dari kesibukan senin - kamis. ada banyak hal yang bisa kita lakukan, seperti : futsalan, ngobrol bareng asik, hunting foto, ngeteh, naik gunung, ngarung, main band, dan masih banyak lagi lainnya. dan pada sabtunya kita bisa merehat kembali hingga siang hari, dan pada sore sabtu kita bisa menghabiskan waktu spesial dengan seseorang yang spesial juga tentunya. sabtu menjadi hari yang fullfree untuk kita dan orang yang kita sayangi. 
            Bagian pentingnya adalah pada malam harinya, kamu bisa mengevaluasi apakah minggu ini adalah minggu yang produktif atau tidak?, apakah minggu ini kamu aktif atau pasif?, jangan - jangan kamu sudah pasif dua minggu ini. Hahahaah .. intinya adalah gunain dengan baik jumat dan sabtu kamu. [ be developt, be active and be inspirative ]
           

Minggu, 14 April 2013

Yogya Menulis

Untuk adik - adik SD se Yogya

                   Kemaren pas ngadain meeting dengan koor dan kawan - kawan project manager IFL di salah satu tempat gandrung bagian utara jogja, ada ide buat bikin acara Yogya Menulis. Nah kenapa bisa kepikiran buat bikin acara kayak gitu? (itu kan pertanyaannya) Dari lensa kacamata pribadi, sepertinya anak - anak sekolah dasar ga' suka nulis, kalo ga' suka nulis berarti mereka otomatis ga' suka baca, kalo mereka ga' suka baca berarti kerjaan mereka ya.. CUma main - main aja di sekolah. berangakt pagi, minta uang jajan, trus ketemu yang lain, bercanda dan jajan bareng. Aihhhh udah basi, udah ga' jamannya sekolah kayak gitu sekarang. pelajar yang keren itu, dia bisa berkembang mandiri, terlatih untuk membiasakan diri dengan hal yang positif. salah satunya, ! Ya dengan menulis. percaya atau tidak menulis melatih kita untuk berbicara dengan otak, berbicara dengan diri sendiri. Menulis juga merupakan bagian output yang menentukan kualitas pemahaman adik - adik pelajar. 
                 Kalo ga' dimulai sekarang kapan lagi?, nungguin SMP // wah kelamaan sob, sekarang kamu harus membiasakan diri, mulai dengan hal kecil, seperti belajar mendeskripsikan sesuatu, kemudian menulis cerita pendek, cerita bergambar juga boleh buat yang suka gambar, dan yang terakhir cerita bersambung as CerBung. gak suka bikin cerita, Yo wess lah, yang paling sederhana adalah bikin pantun, bikin puisi, dan bikin pidato buat yang suka pidato, kemudian biasakan menulis sebelum tidur, diary, agenda, atau terserah apalah namanya!! yang penting itu adalah memulai!! siapa yang akan memulai // Ya kita, siapa yang akan menulis // Tentu kita, siapa yang akan membaca tulisan kita?// tentu teman2 dan lingkungan kamu, yang bakal menilai dan memberikan masukan tentang tulisan kamu. percaya atau tidak dengan menulis berarti kamu sudah melatih sebuah kemampuan wajib seorang terpelajar, ... Hmmm buat sekarang sampai disini dulu, mau tau lebih lanjut tentang dahsyatnya menulis?? next day, Sob!! 

Rabu, 27 Maret 2013

Simpanan kenangan

Replika Hidup 

Banyak orang yang tidak memaknai hidup mereka dengan bijak, ada yang senang dan susah, ada yang serba kekurangan dan juga kaya - raya, yang pasti mereka punya cerita sendiri - sendiri. semua proses dijalani bersama namun memiliki ujung yang berbeda - beda di masing - masing cerita. jika tuhan boleh mengijinkan, Gua ingin menciptakan replika hidup gue sendiri, setiap proses dari kecil sampai gua mati ada cerita, ada foto dan juga video bahwa gue pernah hidup di dunia ini. replika ini adalah bentuk dokumenter dari setiap episode kehidupan. Paling tidak untuk setiap bagian yang paling memberikan kenangan dan kebanggaan bagi hidup gue sendiri. Namun, terlepas dari itu semua, yang paling gue incar adalah biografi sendiri, yang akan menunjukkan bahwa kelahiran gua berarti, paling tidak untuk tanah kelahiran gua, keluarga dan semua orang yang mengenal gue dengan baik.. So, let's make explosions


Rabu, 20 Maret 2013

Thanks to IFL

Semoga kepercayaan ini tidak akan kami sia-siakan

Thanks a lot buat IFL_Yogyakarta, keluarga baru gua. Bakal ada temen baru, pimpinan baru, pengalaman baru, dan juga hal - hal baru lainnya. Dengan tergabung di keluarga yang baru ini, semoga kedepan semakin berguna dan semakin memberikan yang terbaik untuk diri saya, kolega saya, keluarga saya, kampung kelahiran dan juga negeri tercinta ini. Perjuangan selama ini terbayar dengan sempurna dengan sebuah mail yang masuk dalam inbox, mail itu nyampein selamat bergabung di keluarga IFL_Yogyakarta yang baru.

Hal lainnya, adalah dengan bergabung di IFL chapter Yogyakarta, saya bisa bikin sesuatu yang bakal dikenang oleh penduduk negeri perantauan ini. Akan ada banyak inovasi baru yang bernilai Indonesia asli, bukan adaptasi, bukan imitasi, tetapi pure Indonesia. 

Terlalu lama, kita terlarut dan dimanjakan oleh sistem buatan negara lain, yang kemudian kita terapkan di negeri ini. Kemudian lama berkutat dengan sistem ini, kita kemudian sadar kita telah memakai sistem yang kita sendiri, tidak bisa bermain dan berkreasi di dalamnya. Saya tidak akan menjanjikan sebuah perubahan ataupun semacamnya. Pekerjaan rumah saat ini, adalah tentang sebuah integrasi dan cooling system yang asli dari anak negeri, dipadu dengan Integrasi tentang Multidimensi negeri ini.

Selasa, 19 Maret 2013

Adiksi Trend

Kebablasan !!

Anak muda 2013 saat ini semakin sulit untuk dipahami. Mereka membingkai hidup dengan sebuah kata "trend", entah apa alasan yang mereka punya untuk selalu mengucap kata itu. Semua jenis dan ragam anak gaul saat ini, berkoar dan menguatkan identitas mereka dengan trend . Namun, dalam realita kehidupan, mereka yang mengaku trend, sering "kebablasan". sungguh sangat disayangkan!. Adiksi, inilah yang bisa kita simpulkan sementara waktu, mereka seolah selalu ingin menaklukkan trend, dengan mengikuti setiap musim style dan cara sosialita yang selalu berputar dalam siklus trend itu sendiri. Bagaimana caranya untuk protect dengan adiksi ini..


Senin, 18 Maret 2013

Hidup teratur

Pagi, siang, senja, dan malam

Banyak hal yang akan menggoda seseorang, begadang, bermain, bercerita, dan masih banyak lagi lainnya. namun intinya cobalah untuk mengatur semua jadwal yang ada dengan baik. bagaimana kita menghabiskan 24 jam untuk berproses dalam hidup. sekarang ini, banyak yang salah dalam manajerial waktu, ada diantara kita yang bahkan nyaris tidak bisa melihat matahari pagi. bangun siang, mandi dan makan siang! lalu bingung ga' tau mau ngerjain apa!! mau jadi apa, coba! kalo bangun pagi aja lu keduluan sama ayam..

** sebagai pemuda yang baik, kita harus bangun pagi. bangun pagi membuat kita lebih siap dalm mempersiapkan diri. mandi pagi pun juga diyakini akan menambah kesegaran seseorang, kemudian menikmati sarapan dengan santai dan lahap. kenikmatan seperti inilah yang tiada tergantikan. kemudian berangkat kuliah dengan semangat. [ lu bisa bayangin, kalo lu begadang semalaman, maka yang ada lu cuma bakal tidur di kelas, ngorok depan dosen killer yang kemudian ngasih oleh2 "E" buat hasil akademik lu.] 

** kemudian setelah kuliah, jangan lupa makan siang,! becanda bareng, menambah kenalan dan jawatan. karena ternyata kalo lu kaya dengan link ato teman, hidup lu bakalan lancar, aman, dan nyaman. kemudian tergabung dalam HIMA, atopun organisasi lainnya yang bergerak, produktif, mengadakan rapat mingguan, event, mubes, gathering dan sebagainya. kemudian sore hari, lu boleh olahraga di lapangan mahasiswa, voli, bola kaki, badminton, semua ada !! tinggal keputusan lu, mau join dengan kelompok yang mana. setelah itu pulang ke kosan, mandi dan kemudian main ke sekre [kebanggaan']. kemudian jaga pola tidur, jangan keseringan begadang, karena itu akan bikin badan lu, Aus dan lemah, merusak pertahanan tubuh sehingga lu bakal rentan ama penyakit. GIMANA?? siap gak lu, buat hidup sehat!!

Minggu, 17 Maret 2013

IFL

Oprec IFL

Yogyakarto Hadiningrat

Hari ini, bakal ada opre IFL yang terakhir buat chapter Yogya. so awsome, ketemu dengan temen - temen hebat lainnnya. ada dari UAJY, UII, UNY, dan masih banyak lagi lainnya. pas kenalan aja! auranya udah beda dengan biasanya, ada kekhasan dan juga keunikan dari setiap personality mereka, mulai dari cara berbicara, cara mereka mendengar, mengarang ide dan cerita. bener - bener luar biasa, dan bersyukur sekali saya bisa memantaskan diri saya, di tengah - tengah suasana seperti itu. 
ada tiga session >> wawancara. para punggawa IFL yogyakarta, agen - agen IFL bumi keraton ini, sangat profesional dan friendly. berwawasan luas dan sangat humble. mereka nanya motto hidup setiap peserta, pengalaman organisasinya gimana, dan yang paling bingung itu adalah pas mereka nanya, kalo seandainya "keterima" mau join di divisi mana? hahahaha.. jadi gelagapan mau jawab apa! But sooner, saya bilang, "kayaknya saya mau join di PM deh mas!!".  selanjutnya ada, tes psikologinya juga. gua paling suka tes beginian, karena kita cuma milih aja, ga' perlu jawab dengan angka ato jawaban - jawaban ribet lainnya. ada 40 soal yang dihidangkan kepada semua peserta, masing - masing dengan 4 jawaban plus satu syarat kalo pengerjaannya itu, bareng - bareng. ELu harus ngerjain bareng -bareng, ga' boleh balik halaman selanjutnya kalo belum ada perintah buat balik halaman.

Nah . . . sesi terakhir itu, namanya FGD, kita ada delapan orang :: gua, theo, hendry, rizki, putril, oxsa, dena, dan elita. ada games seru. kita ditantang buat bikin persegi dari gabungan bangun datar, ex: segitiga, jajargenjang, persegi. alhasil, group kita gagal! but ga' apa apa lah, karena kegagalan itu resiko yang harus diterima kalo kita gak bisa berhasil. kemudian ada diskusi juga, ada dua masalah yang harus kita diskusiin bareng - bareng. dan akhirnya kita bisa jawab tuntas semua masalah yang diberikan. dan karena waktu jua yang memisahkan akhirnya ketua terpilih, memberikan final statement, ngucapin terimakasih kepada kita, dan    pengumuman bakal keluar tanggal 20 maret. dan akan ada gathering next week, [24 maret].. semoga aja saya dianggap capable buat jadi salah satu staff IFL chapter Yogyakarta. dan base on basic , saya bakal lebih lancer menyerang dan menggugah kembali pemuda indonesia tentang penyimpangan arah budaya di negeri persada ini.