Senin, 07 Januari 2013

Karakter Film Indonesia

Film, cerpen, dan novel
semua adalah cerita

                  2013, film indonesia makin asik dan makin kuat karakternya, makin dewasa dan semakin mencirikan ke-indonesiaan. ini adalah prestasi yang perlu dibanggain, dipertahanin buat kedepan. kita udah liat di bioskop film paling anyar dengan genre baru, bukan yang sebelum - sebelumnya ( tu lho yang kombinasiin horor ama apalah namanya, yang disukai mata jelalatan pria - pria). kita udah liat 5cm, Ainun habiebie, kemudian sebelumnya trilogi merah putih, sebelumnya lagi the raid redemption. bahkan ada yang sudah mewakili indonesia untuk gelaran film internasional. dan ini prospek yang bagus, sekaligus signal bahwa kita perlu mengurangi intensitas film horor, kalo horor melulu bisa bosen dan pada parno, mending yang sekarang, film tentang perjuangan, persahabatan, roman kelas dunia, kesetiaan dan lain sebagainya.

                Film - film ini ga' lahir, jleb! begitu aja. inspirasi datang dari novel, dari cerpen atau dari produksi penulis cerita yang mengerti dengan apa yang dibutuhkan oleh indonesia. namun, penulis - penulis ini sangat sulit dijumpai (saking langkanya) dan juga mereka bergerak sendiri - sendiri, persis sama kayak zaman sebelum kebangkitan nasional. kita butuh gerakan bersama dari penulis - penulis yang handal dengan cerita mereka yang sangat menyorot, betapa ada banyak cerita terbaik di indonesia yang layak dibagi untuk dunia.
                Jadi mulai dari sekarang, budayakan bercerita, budayakan menulis yang baik - baik, kemudian alih visualisasi menjadi foto, video, film pendek, bahkan sampai film yang sebenernya. yang bakal dinikmatin oleh semua masyarakat indonesia. ntar bakal ada lagi tu, layar tancap di desa - desa, bakal ada yang njual makanan, ada kegiatan nonton bareng, silaturahmi, dan happy - happy konvensional asli indonesia. (keren g' tuch !!). namun untuk itu semua kita tetap butuh bahan cerita, kita harus mulai kembali berdongeng untuk anak - anak sebelum tidur, seringkali memancing minat menulis, mengarang anak - anak sekolah dasar, mengarahkan berbahasa indonesia yang baik di sekolah menengah pertama, dan menyalurkan dan juga mengembangkan  bakat dan potensi calon penulis - penulis muda indonesia di masa SMA. 
               Bukan khayalan dari kegiatan bercerita dan menulis maka akan bejibun kebaikan, sikap positif, gerakan semangat yang akan hidup dan terus berkembang pada jiwa - jiwa mereka. ada kebanggaan menjadi indonesia muda, garuda muda, yang akan semakin menguatkan karakter indonesia di mata dunia. sepele memang kelihatannya, namun adalah kewajiban kita untuk mewujudkannya. karna kalau bukan kita, jangan sampa malaysia melakukannya (lagi) *Upsss ... hahahaha . . . 
               percaya g' percaya, semua yang besar dimulai dari hal yang kecil dan sederhana, tergantung bagaimana kita mempercayai dan menjalankannya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar